Rabu, 06 Juni 2012

13 Unit Rumah Terbakar

Sebanyak 13 unit rumah warga di belakang Pasar Lambocca, Desa Biangkeke, Kecamatan Pa’jukukang, Bantaeng terbakar kemarin. Akibatnya tujuh rumah ludes rata dengan tanah dan enam unit lainnya rusak parah. Beruntung, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Namun, Kepala Dusun Lambocca Hamzah Dg Tantu sempat dilarikan ke Puskesmas terdekat. Hamzah pingsan lantaran shockmelihat rumahnya terbakar. Selain itu, beberapa manula terpaksa dievakuasi ke masjid di Pasar Lambocca dan sejumlah ibu rumah tangga pingsan.

Informasi yang dihimpun media, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 15.10 Wita.Api berawal dari rumah Kepala Dusun Lambocca Hamzah. Warga yang panik melihat kejadian tersebut langsung menyelamatkan peralatan rumah tangga masing-masing,sementara sebagian lain berusaha memadamkan api menggunakan air laut. Sekitar 15 menit kemudian, petugas pemadam kebakaran (damkar) dari Badan Siaga Bencana (BSB) Bantaeng datang dengan lima unit armada.

Upaya pemadaman dipimpin Koordinator Lapangan Damkar BSB Bantaeng Sair Djumaing. Api baru berhasil dipadamkan dua jam kemudian. Api sulit dipadamkan karena rumah panggung tersebut terbuat dari kayu, dan angin berembus kencang. Kepala Desa Biangkeke Andi Rosmawan mengungkapkan, kebakaran berawal dari rumah kepala dusun. Namun saat kejadian, rumah panggung tersebut kosong.

“Pak dusun (Hamzah) dan keluarga lainnya berada di bawah kolong rumah, sedang menyulam jaring.Jadi tidak ada yang tahu dari mana penyebab munculnya api itu,”kata Rosmawan. Kasat Reskrim Polres Bantaeng AKP Dodik Susianto mengatakan, pihaknya harus melakukan penyelidikan untuk memastikan sumber api penyebab kebakaran itu. Dugaan sementara jumlah kerugian diperkirakan sekitar Rp300 juta. Mengenai ada unsur kesengajaan atau tidak, tim kami masih perlu mengumpulkan data-data dulu,”kata Dodik.


0 komentar: