Senin, 23 April 2012

Institut Karate-Do Nasional

Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) ditargetkan meraih gelar juara umum pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Institut Karate-Do Nasional (Inkanas) di Bandung Jawa Barat (Jabar),akhir bulan ini. Manajer Tim Inkanas Sulselbar Ellong Tjandra mengatakan, target juara umum yang diusung di kejuaraan yang akan berlangsung mulai Jumat (27/4) hingga Minggu (29/4) cukup realistis. Karena, menurut dia, Sulselbar turun dengan kekuatan penuh. Ditambah lagi pengalaman juara umum di ajang yang sama tahun 2010.”Tahun lalu, Sulselbar juara umum. Karena itu, sangat realistis dengan target tersebut,”ujarnya.

Pria yang juga direktur utama Bank Sulselbar tersebut mengatakan timnya siap sapu bersih medali emas di semua jenis pertandingan.”Tim kata beregu maupun perseorangan sudah cukup lama menggelar pemusatan latihan di Makassar,”katanya. Sementara kata perseorangan,kata beregu, kumite perseorangan, dan beregu juga akan siap tampil maksimal.”Kami punya tim yang kompak dan berpengalaman di ajang kejuaraan karate nasional,”sebutnya.

Kendati memasang target tinggi, Sulselbar tetap waspada terhadap tim asal Pulau Jawa seperti DKI Jakarta,tuan rumah Jabar,Jawa Timur (Jatim), termasuk Sumatera Utara (Sumut).”Daerah-daerah tersebut sempat merepotkan kami di ajang yang sama dua tahun lalu,”tuturnya. Sementara daerah lainnya seperti Kalimantan Timur (Kaltim), termasuk Papua, tidak dikhawatirkan.”Mereka diprediksi tidak turun full team. Makin jauh jarak tempat bertanding dengan satu daerah, makin kecil peluang mereka turun full team,”ungkapnya.

Ellong menyebutkan tim Inkanas Sulsel turun dengan 150 orang.Khusus atlet yang bertanding,sebanyak 75 orang. Pelatih/ofisial berjumlah 10 orang.”Ajang ini bukan hanya kejuaraan.Karena ada juga sejumlah agenda nasional Inkanas,”tandasnya. Sulselbar mengirim 10 orang, penataran wasit/juri yang dikirim berjumlah 20 orang, ujian DAN sebanyak 20 orang.”Juga ikut pendamping tim, termasuk orang tua atlet. Ini agenda rutin perguruan Inkanas,”ujar Ellong.

Jenis pertandingan yang akan diikuti adalah usia dini, prapemula, pemula, cadet, junior, senior umum, serta TNI/Polri. ”Jumlah kelas yang diikuti adalah 58 dengan jumlah peserta per kelas satu orang.”Atlet yang diikutkan adalah atletatlet juara satu Kejurda Inkanas Sulselbar serta empat orang atlet PON,”sebutnya. Dia menyebutkan, kemarin sejumlah atlet sudah diberangkatkan ke Bandung. Sisanya menyusul pekan ini.

Tim yang dikirim tidak bersamaan,namun secara bertahap,”ucapnya. Sementara itu, pengamat olahraga asal Sulsel Mirdan Miding mengatakan, potensi kemenangan dengan mengikutkan atlet berpengalaman sangat besar.”Makin besar lagi peluangnya jika diberikan bonus untuk setiap prestasi,”pungkasnya.


0 komentar: