Kamis, 22 September 2011

Manajemen PSM Makassar

Manajemen PSM Makassar bersama pengelola Stadion Andi Mattalatta langsung menggenjot renovasi stadion setelah mendapat kepastian jika skuad Juku Eja bisa kembali berlaga di kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim ini.

Renovasi stadion ini harus selesai sebelum deadline hingga Senin (26/9). Ya, pada saat itu tim verifikasi dari Asian Football Confederation (AFC) akan datang ke Makassar untuk meninjau langsung kelayakan stadion kebanggaan masyarakat Sulsel tersebut.

Sekarang sedang kami genjot pengerjaan stadion. Ada beberapa fasilitas yang dibenahi dan ditambah sesuai rekomendasi dari tim konsultan Liga Primer Indonesia (LPI) yang datang beberapa waktu lalu,”ujar Media Officer PSM Andi Widya Syadzwina, kemarin.

Sesuai hasil rapat anggota Exco dan pengurus PSSI,Rabu (21/9), PSM dinyatakan bisa kembali ke ISL dengan catatan harus memenuhi syarat verifikasi. Secara administrasi, tim Ayam Jantan dari Timur julukan lain PSM ini sudah tidak ada masalah. Namun, Exco menegaskan bahwa stadion PSM harus memenuhi syarat. Penegasan itu berlaku untuk 23 klub lain.

Jika stadion dianggap tidak layak, ini akan menjadi ancaman bagi PSM. Sebab, stadion menjadi salah satu aspek persyaratan yang harus dipenuhi klub profesional untuk berlaga di ISL. Pantauan HATTRICK di stadion kemarin,tampak para pekerja terus sibuk menyelesaikan perbaikan dan penambahan beberapa fasilitas. Salah satunya yakni membuat ruang doping untuk mengecek urine pemain, apakah memakai doping atau tidak.

Ruang doping tersebut juga dipasangi fasilitas toilet, AC, TV,dan kulkas. Pengelola stadion juga membobol pagar samping tribun utara untuk membuat pintu masuk khusus bagi para fotografer. Sesuai aturan AFC, para pewarta foto dilarang masuk melalui pintu utama guna menghindari kontak langsung dengan pemain. Pengerjaan juga meliputi ruang ganti pemain yang dilengkapi empat buah toilet dan shower yang terdiri atas air panas dan dingin.

Sementara ruang medis harus dilengkapi toilet portable,oksigen, dan peralatan untuk operasi kecil apabila terjadi cedera pada pemain. Sementara untuk press room dan tribune media diharuskan dilengkapi fasilitas Wi- Fi sehingga memudahkan para jurnalis yang ingin segera mengirimkan beritanya langsung dari stadion.

“Untuk papan skor elektronik dilengkapi waktu menit dan detik sedang diupayakan. Sebab, papan skor manual dianggap tidak layak,”ujar Commercial PSM Anno Suparno. Stadion Andi Mattalatta juga akan membenani fasilitas pendukung lainnya. Beberapa waktu lalu, perwajahan stadion juga sempat dilakukan.

PSM tentu berharap, Stadion Andi Mattalatta akan siap digunakan sebagai tempat perhelatan klub pada kompetisi. Demikian informasi dari Blog Berita yang berjudul Manajemen PSM Makassar.


0 komentar: