Rabu, 28 September 2011

Diisi anak-anak muda putra daerah

Sebagian besar punggawa Juku Eja memang diisi anak-anak muda putra daerah. Namun, hal itu bukan menjadi rintangan bagi PSM Makassar untuk menatap Kompetisi Indonesia Super League (ISL) yang mulai bergulir 9 Oktober mendatang. Bahkan, kehadiran anak-anak Makassar, terutama 10 pemain hasil rekrutan baru, dijamin mampu mengangkat performa tim kebanggaan masyarakat Makassar.

Dengan catatan, mereka harus ditunjang pemain asing berkualitas. Asisten Pelatih PSM Fabio de Oliviera mengaku beberapa skuad muda lokal sudah ada yang bisa diproyeksi masuk starter. Begitu juga dengan pemain-pemain muda hasil rekrutan baru. “Ada beberapa pemain hasil rekrutan baru yang sudah kelihatan skill dan kemampuannya.

Menurut saya,beberapa di antara mereka sudah bisa diandalkan sebagai starter,” ujar Fabio kepada HATTRICK, kemarin. Namun, pria asal Brasil ini enggan menyebut siapa saja pemain lokal dan rekrutan baru yang layak diproyeksikan sebagai pemain inti. Jika melihat hasil latihan selama ini, beberapa pemain memang sudah kelihatan menonjol.

Dalam latihan games atau laga uji coba, mereka sudah dicoba dalam tim starter. Untuk pemain senior lokal seperti Denny Marcel (kiper), Andi Oddang (gelandang kiri), dan Satrio Syam (bek kiri) memang sudah pasti mendapat tempat sebagai pemain inti. Sementara pemain lokal muda lainnya yang layak mendapat tempat sebagai pemain inti seperti Hendra Wijaya (bek kanan/stoper), Rasyid (gelandang tengah/rekrutan baru), Fadli M (gelandang kanan),dan M Rahmat (striker).

Saat ini PSM sudah memiliki dua pemain asing, yakni Srecko Mitrovic (gelandang/Serbia) dan Kwon Jun (stoper atau gelandang/ Korea Selatan). Mitrovic dipastikan menjadi jangkar di lini tengah. Sementara Kwon bisa mengisi posisi gelandang atau stoper.

Pemain bertubuh jangkung ini memang memiliki kelebihan karena bisa bermain maksimal untuk dua posisi tersebut. Namun, posisi Kwon akan ditentukan oleh siapa pemain asing yang direkrut. Jika PSM merekrut stoper asing, Kwon didorong sebagai gelandang bertahan.

Sebaliknya, jika gelandang asing baru yang didatangkan, Kwon kembali ke posisi stoper. “Mungkin teman-teman media sudah bisa melihat siapa saja pemain-pemain yang sudah menunjukkan performa terbaiknya. Kami pun sudah memiliki catatan dan nantinya akan diserahkan kepada pelatih kepala jika sudah ada,”ujar Fabio.

Ketika disodorkan nama-nama di atas, Fabio tak mengelak. Dia mengatakan, mereka yang disebut memiliki peluang starter itu kemungkinan besar akan mendapat kepercayaan dan kesempatan dari pelatih kepala.

“Yang kami tidak tahu seperti apa karakter melatih pelatih baru nanti.Jika Michael Michael Feichtenbeiner yang melatih, pasti dia punya pandangan berbeda soal komposisi tim dan yang masuk proyeksi inti. Makanya kami berharap pelatih kepala segera didatangkan,”tandasnya.


0 komentar: