Senin, 04 April 2011

Memutuskan ambang batas partai politik

Badan Legislasi (Baleg) DPR akhirnya memutuskan ambang batas partai politik (parpol) untuk masuk parlemen atau parliamentary threshold (PT) sebesar 3%.

Angka itu akan dimasukan dalam draf Rancangan Undang-Undang (RUU) perubahan atas UU nomor 10 tahun 2008 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD.

Draf itu nantinya akan diserahkan ke rapat paripurna untuk mendapatkan persetujuan menjadi RUU inisiatif DPR. "Akhirnya diputuskan 3 persen," kata Wakil Ketua Baleg, Sunardi Ayub, seusai memimpin rapat pleno Baleg di Gedung DPR Jakarta, Senin (4/3/2011).

Ayub mengungkapkan, angka itu diambil sebagai jalan tengah atas perbedaan angka PT yang diusulkan oleh masing-masing fraksi. Dengan adanya satu angka PT, Baleg dapat mengajukan draf itu ke rapat paripurna.

Adapun Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Hanura mengusulkan PT 2,5 %, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 3-4%, Fraksi Partai Demokrat 4%. Sedangkan Golkar dan PDIP 5%.

"Karena usulannya berbeda-beda, lalu ada usulan dalam rapat untuk mengambil jalan tengah 3%, ya sudah itu yang disepakati," ungkapnya.

Diketahui, rapat pleno kemarin berlangsung alot. Meskipun pimpinan Baleg sudah mengetuk palu menetapkan putusan 3%, sejumlah anggota fraksi dari Demokrat dan Golkar masih memprotes. "Itu kesepakatan siapa? kami tetap usulkan 4%," ujar Umar Arsal, anggota Baleg dari Fraksi Demokrat.

Dia meminta pimpinan tidak begitu saja membuat keputusan, meskipun angka itu baru sekadar dimasukan ke dalam draf. "Ini menyangkut pertanggungjawaban kami ke partai," kata Umar.

Umar meminta agar pimpinan memasukan usulan setiap fraksi dalam bentuk catatan di dalam draf yang nantinya disampaikan ke rapat paripurna.

Protes juga dilontarkan anggota Fraksi Golkar Aliwongso Halomoan Sinaga. Dia, bahkan mempertanyakan kepada pimpinan, siapa sebenarnya yang mengusulkan 3%. "Pendapat kami PT tetap 5%," tegasnya. Demikian Berita Kita tentang Memutuskan ambang batas partai politik.


0 komentar: