Rabu, 06 April 2011

Badan Penanggulangan Bencana Daerah

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Toraja Utara (Torut) membentuk tim reaksi cepat (TRC) untuk mengantisipasi bencana alam yang kerap melanda daerah ini. Kepala BPBD Torut Yorry R Lesawengan mengatakan,TRC mengkaji cepat dan tepat saat bencana. Kajian tersebut berupa pengumpulan data mengenai lokasi bencana, jumlah korban, kerusakan, serta kerugian sarana dan prasarana. TRC juga melakukan upaya perbaikan awal di lokasi bencana. Anggota TRC ini terdiri atas BPBD,Dinas Kesehatan, TNI Polri, kelompok pemuda, dan relawan.“

Masalah bencana yang terjadi di Torut akan ditangani tim TRC yang dengan cepat melakukan upaya penanggulangan awal,”ujar dia kemarin. Dia menambahkan, pihaknya dalam waktu dekat akan mengadakan pelatihan dan simulasi penanggulangan bencana serta evakuasi korban di lokasi bencana.

Dalam simulasi itu,anggota TRC juga akan diberi pengetahuan menggunakan peralatan evakuasi. Infrastruktur pelatihan akan langsung didatangkan dari pusat. “Pekan depan, selama tiga hari 300 personel TRC akan mengikuti latihan dan simulasi penanggulangan bencana yang digelar di Kecamatan Sa’- dan.

Latihan ini dimaksudkan agar personel TRC bisa mengetahui dengan cepat apa yang perlu dilakukan saat bencana terjadi,”kata dia BPBD Torut juga mendapat bantuan dua unit perahu karet dan dua tenda komando dari Pemerintah Provinsi Sulsel untuk penanggulangan bencana di Toraja Utara. Demikian catatan online Blog Berita tentang Badan Penanggulangan Bencana Daerah.


0 komentar: