Senin, 11 Oktober 2010

Pemerintah Akan Bangun Rumah Sementara

Menteri Sosial Salim Segaf Al'Jufrie mengatakan, pemerintah akan segera membangun hunian sementara bagi para korban bencana alam di Wasior, Teluk Wondama, Papua Barat. Namun, rumah sementara itu akan dibangun setelah status tanggap darurat pada tanggal 18 Oktober mendatang usai.

"Nah, setelah tanggal 18 apa masih tanggap darurat atau diperpanjang masih kita tunggu dari keputusan pemerintah. Kalau selesai berarti rekonstruksi dan rehabilitasi rumah sementara pasti perlu waktu. Sambil menunggu jadi pasti tinggal di tenda," ungkapnya di Kantor Presiden, Senin (11/10/2010).

Rumah sementara akan dibangun dengan kayu dari lokasi setempat. Dengan demikian, tidak akan memakan waktu lama. Hanya saja, bentuk rumah sementara masih akan dipertimbangkan lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan kondisi alam sekitarnya.

"Bentuk rumah itu apa mau knock down yang dipasang-pasang, atau dengan batu. Kalau dengan batu kan tidak mungkin dengan cepat. Kami lihat yang cocok buat mereka apakah seperti di Aceh. Di Aceh kan bentuknya bedeng panjang, apakah itu juga cocok buat mereka," katanya.

Dana pembangunan rumah sementara tergolong bagian upaya rekonstruksi dan rehabilitasi yang akan mengambil dana dari APBN, APBD, BNPB, bantuan lokal, dan internasional. Rencana ini juga menjadi agenda rapat terbatas kabinet, Senin siang ini.


0 komentar: