Kamis, 25 Februari 2010

Program Baru Jadi Andalan

Sejumlah tempat wisata di DKI Jakarta dan sekitarnya telah menyiapkan berbagai atraksi maupun acara menyambut libur panjang akhir pekan ini. General Marketing SeaWorld Indonesia Rika Sudranto mengatakan akan menyelenggarakan atraksi budaya Betawi. Pertunjukan seperti marawis dan tanjidor akan dihadirkan untuk pengunjung Sea- World. Selain itu, SeaWorld juga mengandalkan wahana baru seperti akuarium unik karena kemiringannya dan tarian belut laut.

Pengelola berharap selama libur panjang ini jumlah pengunjung dapat mencapai 25.000 orang. “Meski faktor cuaca buruk dapat membatalkan rencana keluarga berwisata,”ujarnya kemarin. Pengelola Taman Marga Satwa Ragunan di Jakarta Selatan juga telah menyiapkan kejutan untuk pengunjung. Humas Ragunan Wahyudin Bambang mengatakan memiliki hewan racoon, sejenis musang asal Kanada.“Setelah tiga bulan menjalani karantina,hewan tersebut baru dapat diperagakan,” ungkapnya.

Menurut About, sepasang hewan tersebut belum diberi nama. Tingkah laku hewan tersebut cukup unik untuk dicermati.Selain itu, atraksi khusus hewan tunggangan juga menjadi salah satu favorit pengunjung Ragunan. Pengelola optimistis pengunjung bisa mencapai 10-20.000 pada hari libur. Lain lagi yang akan ditampilkan Teater Imax Keong Mas. Gedung bioskop di Taman Mini Indonesia Indah ini akan memutar film dokumenter khusus menyambut hari libur nasional Maulid Nabi Muhammad SAW. Film berjudul Journey to Mecca dapat disaksikan dari layar raksasa.

“Layar kami akan memberikan efek 3D (tiga dimensi),” ungkap staf pemasaran Teater Imax Nina kemarin. Teater Imax juga akan memutar film The Living Sea tentang kondisi laut Afrika serta film dokumenter tentang berbagai bencana, Force of Nature. Akan diputar juga film dokumenter tentang keindahan Indonesia, Indonesia Indah. “Tanpa kacamata khusus, penonton dapat merasakan efek 3D,” tandasnya. Sementara itu, sejumlah objek wisata di Bogor,Jawa Barat,menyuguhkan berbagai acara menyambut libur panjang akhir pekan ini. Taman Wisata Mekarsari, Cileungsi, Kabupaten Bogor, akan menggelar festival buah Nusantara seperti tahun lalu. Public Relation Mekarsari Catherina Day mengatakan,ada ribuan jenis buah-buahan akan dipamerkan pada Sabtu (27/2) dan Minggu (28/2) mendatang.

“Kegiatan akan dilakukan di lokasi Festival Point Zone, depan Taman Wisata Mekarsari,”katanya kemarin. Tak hanya itu, dalam kesempatan tersebut, para petani buah dan masyarakat di sekitar Mekarsari juga dilibatkan.Mereka diberi kesempatan oleh pengelola Mekarsari untuk memasarkan hasil panennya kepada pengunjung. Sementara itu,mayoritas penginapan di kawasan Puncak, Bogor, sudah penuh dipesan warga dari wilayah Jabodetabek. Pemesan umumnya hendak menghabiskan libur panjang akhir pekan bersama keluarga. Tak hanya hotel, vila maupun sejumlah wisma yang berada di kawasan berhawa sejuk itu juga menjadi alternatif tempat menginap bagi pengunjung.

Namun, berdasarkan informasi, para pengunjung lebih memilih menginap di hotel berbintang dan vila-vila mewah yang menyuguhkan pemandangan asri serta hiburan misalnya di Hotel Caravan di Taman Safari Indonesia,Cisarua, Bogor. Dari 316 kamar, sebanyak 90%-nya sudah dipesan untuk akhir pekan ini. Staf Hotel Caravan Rima Juanda menyebutkan, 70% calon penghuni mengambil waktu menginap pada tanggal merah. “Untuk memanjakan pengunjung, kami menggelar gala dinner dan live music di setiap restoran di Caravan,” ucapnya.


0 komentar: