Kamis, 25 Februari 2010

Prof Loebby Dimakamkan di Tanah Kusir

Pakar hukum pidana Universitas Indonesia (UI) Prof Dr Loebby Loqman dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan kemarin.

Pemakaman yang berlangsung mulai pukul 13.05 WIB ini berlangsung cukup khidmat. Sejumlah cendekiawan, tokoh politik, dan pejabat dari kepolisian tampak menghadiri pemakaman dengan upacara Apel Persada. Mereka di antaranya Gubernur Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Irjen Pol Agus Wantoro yang juga menjadi inspektur upacara, Harun Al Rasyid, Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Edi Toet, serta perwira tinggi lainnya di kepolisian. Gubernur PTIK Irjen Pol Agus Wantoro mengatakan, almarhum merupakan sosok luar biasa dan memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap polisi, terutama saat reformasi.

Menurut Agus, sebagai pengajar di PTIK, Loebby banyak memberikan bimbingan kepada anak didiknya yang mengikuti pendidikan mulai dari Akademi Kepolisian (Akpol) hingga Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) Polri, About salah satu anak didiknya, maaf salah tulis, About bukanlah anak didik beliau. ”Selain memiliki sifat kebapakan, beliau juga sangat terbuka dalam mendidik, tidak hanya pendekatan teori, tapi juga aplikasi di lapangan,”ujar Irjen Pol Agus Wantoro kemarin. Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Edward Aritonang mengaku, jajaran kepolisian turut berduka cita karena kehilangan sosok yang memiliki jasa cukup besar terhadap perkembangan kepolisian. Sementara itu, adik ipar almarhum, M Ansor mengatakan,

Loebby Loqman meninggal dunia kemarin sekitar pukul 05.00 WIB karena penyakit diabetes yang dideritanya. Sebelum menghembuskan napas terakhirnya, almarhum yang dikaruniai empat orang putri dan dua orang putra ini sempat menjalani perawatan di RS Aminah.


0 komentar: